Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan metode pembelajaran paud adalah metode pembelajaran paud/tk metode pembelajaran paud melalui bernyanyi metode pembelajaran matematika paud jurnal metode pembelajaran paud metode pembelajaran di paud ppt metode pembelajaran sains paud metode pembelajaran kelompok paud download metode pembelajaran paud metode pembelajaran tematik paud definisi metode pembelajaran paud youtube metode pembelajaran paud metode pembelajaran area paud metode pembelajaran aktif paud model pembelajaran paud berbasis alam metode pembelajaran bagi anak paud metode pembelajaran pada anak paud macam-macam metode pembelajaran anak paud contoh metode pembelajaran untuk anak paud metode pembelajaran anak usia dini adalah metode pembelajaran anak paud model pembelajaran paud anak model pembelajaran area paud model pembelajaran area anak usia dini model pembelajaran di paud anak artikel metode pembelajaran paud
Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan

Metode pembelajaran anak PAUD sebagai Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan. Semua orang bisa mengajar namun belum tentu bisa mengajar TK atau PAUD. Mengajar PAUD berarti mengajar anak yang sedang ada di masa usia keemasannya (golden age). Sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan saat yang tepat untuk membuatnya menjadi seorang pembelajar yang mandiri dan haus pengetahuan.

Kali ini kami berbagi memotivasi bagaimana cara terbaik untuk menjadi seorang guru TK, KB, TPA, SPS atau bentuk layanan anak usia dini lainnya yang bisa menjawab tantangan abad 21. Inilah Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan

Bermain Adalah Pembelajaran yang Efektif di PAUD

Bagi anak, bermain merupakan suatu kegiatan yang sifatnya melekat langsung pada kodrat dan kebutuhan perkembangan anak. Anak usia dini lebih banyak belajar dari pengalaman berinteraksi dengan obyek-obyek konkrit dan orang sekitarnya-teman, guru, orang tua, daripada melalui simbol-simbol tertulis (baca tulis hitung).

Bermain diartikan sebagai suatu kegiatan yang bersifat voluntir, spontan, terfokus pada proses, memberi ganjaran secara instrinsik, menyenangkan, aktif, dan fleksibel. Semakin suatu aktivitas memiliki ciri-ciri tersebut, berarti aktivitas itu semakin merupakan bermain (Solehudin, 1996).

Dalam bermain anak bisa melakukan aktivitas yang mempraktekkan kemampuan dan keterampilannya dalam kegiatan mencoba, meneliti dan menemukan hal-hal baru. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan anak di saat bermain bisa membuat anak aktif dan interaktif, baik secara fisik maupun secara mental sehingga dapat mendukung pemberdayaan berbagai aspek perkembangan anak berdasarkan kenginan dan kemauannya sendiri.

Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini

Dengan bermain dapat membantu anak dalam mengembangkan banyak aspek fundamental dari perkembangan anak, baik fisik, intelektual, sosial, dan emosional.

  • Bermain dapat mengembangkan otot-otot disaat anak melakukan kegiatan fisiknya.
  • Bermain dapat mengembangkan keterampilan intelektual di saat anak terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang menuntut pikirannya.
  • Bermain dapat mengembangkan keterampilan sosial di saat sejumlah anak terlibat aktif dalam suatu interaksi dengan orang lain.
  • Bermain dapat mengembangkan aspek emosi disaat anak belajar mengendalikan emosinya

Mekanisme Bermain Sebagai Belajar Pada Anak

Dalam mengimplementasikan penggunaan bermain sebagai media pembelajaran anak, peran pendidik sangatlah berpengaruh sebagai fasilitator yang penuh perhatian terhadap aktivitas-aktivitas yang dilakukan anak. Untuk memfasilitasi aktivitas bermain anak, para pendidik perlu melakukan aktivitas berikut:

  • Menyediakan dan mendesain lingkungan dan perlengkapan bermain yang kaya dan aman.
  • Menyediakan waktu atau mengatur jadual untuk aktivitas bermain yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Mengamati aktivitas anak di saat bermain.
  • Memberikan petunjuk yang diperlukan, khususnya untuk melakukan suatu permainan
  • Menciptakan suasana yang kondusif untuk bermain.

Pemahaman tentang pembelajaran anak usia dini dengan bermain, saat ini diharapkan sudah lebih dipahami para pengelola, pendidik atau pemerhati. Disamping itu lingkungan kondusif juga diperlukan bagi anak dengan pengertian lingkungan kondusif adalah lingkungan yg menstimulasi agar anak bisa dan mampu menjadi pembelajar yg mandiri.

Selain melalui bermain, memperhatikan cara anak berpikir, cara anak bermain, dan cara anak berbicara adalah keseharian guru PAUD. Guru PAUD yang baik tidak memaksa siswa untuk hanya mendengarkan perintah saja  tanpa mendengarkan saat mereka berbicara. Guru PAUD yang baik menanamkan bahwa belajar dan bermain, kenyataan dan  khayalan, ilmu pengetahuan dan imajinasi semuanya bisa jadi satu. Semoga artikel tentang Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan menginspirasi bunda juga ayah semuanya.